PDIP Jatim Targetkan Kuasai 11 Pilkada

DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jatim
menargetkan menang di 11 dari 19 Pilkada di Jatim yang digelar tahun 2012 - 2013. Untuk itu, DPD mengumpulkan ‘jagoan-jagoan tua’ yang dulunya pernah memimpin DPC PDIP di Jatim dalam rapat koordinasi Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga di Sekretariat DPD PDIP Jatim di Surabaya, Minggu (3/7/2011).
 
Rakor yang diikuti perwakilan pengurus dari 38 DPC se-Jatim, diantaranya diikuti Walikota Malang Peni Suparto, Wali Kota Mojokerto Abdul Ghani Suhartono dan Wakil Bupati Magetan Samsi.

Sirmadji Tjondropragolo, Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim mengatakan, dari 11 Pilkada yang ditarget menang, sembilan diantaranya adalah kabupaten dan kota yang saat ini sudah dipimpin kader PDI Perjuangan. Antara lain Kabupaten Magetan, Nganjuk, Jombang, Tulungagung, Kabupaten Pasuruan, Kota Malang, Kota Probolinggo, Kota Mojokerto dan Kota Batu.

Sementara dua daerah lainnya, kabupaten atau kota yang tidak dijabat kepala dari PDI Perjuangan, tetapi dianggap potensial untuk dimenangkan. Yaitu Kabupaten Madiun dan Kota Kediri.

“Dalam perjalanan menuju 2012 dan 2013, bisa jadi ada kabupaten atau kota yang kemudian berpotensi untuk memenangi Pilkada. Kalau demikian kondisinya pada saatnya nanti, tentu saja target akan kita bertambah,” ujar Sirmadji yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

Ketua Bidang Organisasi DPP PDI Perjuangan Djarot Syaiful Hidayat menambahkan, untuk menjaring dan menyaring calon kepada daerah mendatang pihaknya membuka tempat pendaftaran tidak di satu tempat. Pendaftaran kandidat bisa dilakukan tidak semata di DPC tempat digelarnya pilkada.

“Bisa juga melalui PAC, DPD, bahkan DPP untuk kemudian dikembalikan ke DPC. Pendaftaran dibuka di banyak tempat untuk semakin menyehatkan proses penjaringan dan penyaringan calon yang akan diusung partai,” tegas mantan Walikota Blitar ini.

Rakor dengan tema, sosialisasi SK DPP PDI Perjuangan No 031-A/TAP/DPP/V/2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Penjaringan dan Penyaringan Calon Kepala dan atau Calon Wakil Kepala Daerah Tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi juga melantik 11 Pengurus Departemen Politik dan 13 pengurus Hubungan Antar Lembaga DPD PDI Perjuangan Jawa Timur untuk masa tugas 2010-2015.

Kepengurusan lembaga ini, sebagian besar diisi mantan ketua dan sekretaris DPC PDI Perjuangan. Diantaranya Saleh Ismail Mukadar (Surabaya), Hargono Sumiarso (Gresik), Bambang Harjanto (Kota Kediri).

Djarot membantah, jika upaya mengumpulkan ‘jagoan tua’ itu dipicu kekhawatiran mereka akan dirangkul partai lain. “Tidak ada itu (kepanikan). Kalaupun mereka diajak gabung parpol lain, mereka pasti akan menolak karena sampai gepeng mereka melok (ikut) banteng,’ tegas Djarot.

Sumber : Surya
Sumber Ilustrasi Foto : Google

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.