Cemue, ciri khas makanan penutup magetan

Berjumpa lagi dengan wisata kuliner Magetan kawan, kali ini kita akan membahas tentang “cemue”. Ini adalah makanan khas Magetan, spesial hidangan penutup kawan. Sebenarnya saya sendiri juga ragu kalau ini benar-benar makanan khas magetan, tetapi setelah kakak semester dari pasuruan teringat dengan cemue membuat saya langsung membuat postingan ini. “cemue” adalah makanan yang bahan bakunya air santan dan roti. Memang cemue biasanya dihidangkan sebagai hidangan pembuka atau penutup, tetapi lebih sering untuk hidangan penutup.
Cemue adalah makanan hangat, yang terdiri dari santan yang direbus dengan bumbu-bumbu, gula pastinya (merah dan putih), aromanya memang wangi, mungkin juga diberi daun pandan kawan. Lalu diberi potongan roti tawar, sehingga membuat ada gigitan maknyus sewaktu mendapatkan roti tawar yang sudah mengembang dalam kuah. Selanjutnya akan ada kacang tanah yang digoreng, gurih dan mambuat lembeknya roti tawar menjadi semakin berwarna. Didalam gigitan nantinya akan ada kriuk-kriuk dari kacang goreng tersebut. Ada pula brambang goreng, yang membuat aromanya semakin bertambah, dan ada sensasi brambang goreng. Membuat cemue semakin spesial untuk dinikmati bersama teman, bersama keluarga, kolega, dan lain-lain.
Cemue ini biasanya dihidangkan hangat-hangat, selain sesuai dengan suasana magetan yang dingin. Memang penjual cemue di magetan biasanya berkeliaran waktu sore hingga malam berakhir. Harganyapun sangat murah, cukup Rp2.500,- anda sudah mendapatkan cemue satu mangkuk yang sangat lezat dalam keadaan hangat. Jadi, kalau anda ke Magetan, anda harus mencoba cemue made in Magetan. Bikin ngiler kan? ^_^ , sekian semoga bermanfaat, salam Visit Magetan… ^_^
Diberdayakan oleh Blogger.