Roboh Dihantam Longsor

MAGETAN-Longsor menerjang Dukuh Rejeng,Desa Puntukdoro,Kecamatan Plaosan,bersamaan dengan hujan deras Selasa(1/11)petang.Akibatnya,kandang ayam berkapasitas ribuan serta sebuah kandang sapi milik warga roboh.Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Kandang ayam yang roboh tersebut milik Karni.Kandang yang bisa menampung hingga 3 ribu ekor ayam itu ambruk diterjang longsoran tanah yang berada tepat di belakang kandang.''Kejadiannya sangat cepat.Saat salat magrib,tiba-tiba terdengar suara brukk,dan kandang ayam saya sudah keruntuhan tanah plengsengan itu,'' kata Karni,kemarin(2/11).

Beruntung,kandang berkapasitas ribuan ekor ayam itu dalam kondisi kosong.Pasalnya,sekitar satu pekan lalu, Karni sudah memanen ribuan ayam potongnya.Meski begitu,untuk membangun kembali kandangnya yang roboh dia harus merogoh kocek jutaan puluhan rupiah.''Kalau dihitung(kerugiannya,Red)ya besar.Membangun ini kembali,mungkin tidak cukup Rp30juta.Apalagi harga kayu dan bahan bangunan juga sudah naik,''ucap Karni.

Nasib serupa dialami Sutrisno.Kandang sapi dan dapur rumahnya yang bersebelahan dengan kandang ayam milik Karni,juga ambruk.''Awalnya ada tiga sapi di dalam kandang.Kebetulan,paginya satu ekor sudah laku, tinggal dua.Tapi tidak apa-apa,dan sekarang sudah saya titipkan saudara,''kata Sutrisno.

Akibat kejadian itu,Sutrisno butuh sekitar Rp15juta untuk menegakkan kembali kandang plus dapur miliknya. ''Atapnya sudah roboh soalnya.Jadi ya harus bangun lebih awal.Tapi sebagai orang kecil saya hanya bisa pasrah.Mudah-mudahan saja ada pemerintah memberikan bantuan untuk mengurangi beban kami ini,''ujar Sutrisno.

Pasca longsor hingga seharian kemarin warga sekitar bergotong-royong membangun kembali dua kandang yang roboh tersebut.Di sisi lain,sejumlah warga yang rumahnya tak jauh dari plengsengan mengaku waswas rumahnya tertimpa longsor,apalagi kondisi tanah tebing diduga mulai labil.

Sumber : Radar Madiun
Diberdayakan oleh Blogger.