UPAYA PENGENDALIAN DBD DI KABUPATEN MAGETAN

 
Demam Berdarah Dengue ( DBD ) masih merupakan masalah kesehatan masyarakat di Kabupaten Magetan. Apalagi saat musim penghujan yang tidak menentu seperti pada saat ini. Jumlah penderita DBD selalu mengalami peningkatan dan seringkali mengakibatkan keresahan masyarakat di Kabupaten Magetan. Bahkan kematian sering terjadi karena penderita terlambat mendapatkan pertolongan.
 
Pada tahun 2011 jumlah penderita DBD sebanyak 88 penderita dengan kematian sebanyak 2 orang. Jumlah penderita tersebut jauh menurun bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2010 jumlah penderita sebanyak 385 penderita dengan kematian sebanyak 12 orang. Untuk memberantas DBD di Kabupaten Magetan dilakukan upaya-upaya sebagai berikut :
1.    Gerakan PSN-DBD,
2.    Larvasidasi
3.    Ikanisasi
4.    Pembentukan Jumantik
5.    Pembentukan Wamantik
6.    Lomba PSN DBD tingkat sekolah
Mengingat peningkatan jumlah penderita DBD banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor yang sulit dikendalikan, maka upaya tersebut perlu untuk ditingkatkan secara terus menerus dan perlu dilakukan monev secara rutin terhadap upaya yang telah dilakukan agar kegiatan pemberantasan berikutnya lebih terarah, efektif dan efisien sesuai harapan. Dari upaya pengendalian yang teah dilakukan mendapatkan hasil yang sangat signifikan
Data  penderita DBD mulai tahun 2007 s/d 2011
  tbldb1
Keterangan :
P : Penderita
M : Meninggal
Data penyebaran penderita DBD Kabupaten Magetan dari Januari sampai bulan Maret   tahun 2012
 
tbl2tbl2




Sumber : Dinas Kesehatan kab Magetan
Ilustrasi Foto : google.com
Diberdayakan oleh Blogger.