Memperihatinkan, Kondisi Sungai Desa Banjarejo Akibat Limbah Kulit

limbah di sungai Banjarejo
Ngariboyo- Warga Desa Banjarejo, Kecamatan Ngariboyo mengeluh dengan aktifitas pabrik kulit rumah tangga (Home Industri) yang berada di Dusun Alas Malang yang membuang limbahnya secara sembarangan, Jumat(9/2).
limbah cair dari pabrik yang diduga tidak berijin tersebut langsung dibuang ke sungai yang mengakibatkan tercemarnya habitat sungai desa.

Ironisnya kasus pencemaran yang sudah terjadi bertahun-tahun tersebut tidak ada respon sama sekali dari Pemkab Magetan saat mendengar keluhan warganya.” Penyebab pencemaran sungai tidak hanya saat ini saja, tetapi sudah sejak dulu, namun sampai sekarang belum ada tidakan dari dinas terkait,” kata Jumiran Kepala Desa Banjarejo, Jumat(9/2).

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Agung Lewis mengatakan, akan segera menindaklanjuti tentang keluhan warga yang juga sudah viral jagad medsos tersebut, DLH akan langsung mengecek kondisi lapangan terkait keluhan warga. “Sebenarnya kita sudah lakukan koordinasi kepada para pengusaha kulit yang ada di Banjarejo, dan siang ini kita turunkan Pak Marwidi langsung menuju lokasi tempat pembuangan limbah tersebut.” jelas Agung.

Terpisah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Magetan sebagai penegak Perda di Kabupaten Magetan mengaku akan menurunkan tim untuk memantau langsung kebenaran terkait keluhan warga.“ Akan kita turunkan tim kelapangan,setelah benar kita akan berkoordinasi dengan Dinas LIngkungan Hidup untuk melakukan tidakan yang memang harus kami lakukan, dengan cara kita kirim surat apa bila tidak diindahkan akan kita lakukan penutupan,”pungkas Chanif Tri Wahyudi Plt Satpol PP dan Damkar Kabupaten Magetan.(dikutip dari lensamagetan.com)

Diberdayakan oleh Blogger.