Emil Tawarkan Solusi Untuk Komunitas Warung Kopi

Trenggalek – Guna menyerap keluhan warga, Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak terus turun ke bawah untuk mengetahui persoalan yang tengah dialami masyarakat. Hari ini, Jum’at (9/3) Emil bertemu dengan puluhan pemilik warung kopi (Warkop) yang tergabung dalam komunitas Warkop Se Trenggalek.

Bertempat di Warung Kopi Putu Kuwot di Jalan Brigjen Sutran, Trenggaalek, Emil mendengarkan keluh kesah komunitas yang beranggotakan puluhan pemilik warkop yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Salah satu problem yang sering di alami para pemilik warung kopi tersebut yakni permodalan. Menurut Suhadi, (49), salah seorang pemilik warung, mereka kesulitan terkait modal. Karena berbagai alasan, pihak bank enggan untuk memberikan modal pinjaman.

‘’Kita ini susah pak kalau inggin cari modal pinjaman. Mereka pasti tidak mau dengan alasan tanah yang kami pakai ini tidak jelas,’’ keluh Suhadi.

Menanggapi hal tersebut, Emil menyarankan untuk para pemilik warung kopi yang tergabung dalam komunitas tersebut, untuk membentuk koperasi. Hal itu bertujuan guna mempermudah permodalan dengan pihak bank.

‘’Kami menawarkan kepada anggota komunitas untuk membentuk koperasi. Dengan begitu dapat berakselerasi terkai permodalan sepertihalnya kredit tanpa anggunan “gangsar”, dengan sistem tanggung renteng sesama pedagang.,’’ jelasnya.

Mendengar penjelasan dari Emil, para anggota komunitas tersebut nampak antusias, mereka juga berharap, agar Emil bisa menampung pedagang yang belum layak dari segi tempat berjualan, untuk bisa lebih baik lagi. ‘’Semoga para pedagang yang tempat berjualannya masih berpindah-pindah karena tidak ada tempat, bisa difasilitasi tempat yang permanen,’’ harap para anggota komunitas.

‘’Percayakan kepada saya dan bu Khofifah agar anda semua bisa terakomodir,’’ Pungkas Emil. (cho)


Diberdayakan oleh Blogger.