Disperindag Ciptakan Generasi Penyanding

Batik sidomukti adalah salah satu produk unggulan dari Kabupaten Magetan. Di Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan terdapat 3 pengusaha perajin Batik, dengan jumlah perajin batik 70. Batik sidomukt sudah diberedar di Indonesia di sejumlah Kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, dan di luar Jawa seperti Kalimatan dan Sumatra bahkan batik Sidomukti sudah di kenal di luar negeri seperti Malasiya dan singapura.

Untuk melestarikan dan mengembangkan batik sidomukti Pemerintah Kabupaten Magetan mengelar pelatihan batik kepada generasi muda, di harapakan kedepan dalam pelatihan ini bisa untuk meningkatkan (SDM) Sumber Daya Manusia.” Selama ini, batik Sidomukti pelaku batik(Nyanding) sudah usia lanjut, maka tujuan dari pelatihan ini di khususkan bagi lebih usai muda,”ujar Venly Tomi Nicolas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten Magetan.

“selain itu, tujuan pemkab terkait pelatihan di harapkan pada generasi penerus lebih pandai atau bisa di katakan akan lebih kreatif dalam membatik (nyanding), sehingga di harapkan akan menghasilkan kuwalitas maupun kwutitas batik yang lebih baik dari pada sekarang,”jelasnya kepada magetankumandang.com

Sementara itu, tujuan Pemkab Magetan untuk mengurangi angka pengangguran dan menciptkan generasi yang lebih kreatif dan berpola pikir maju guna membangun Magetan khususnya batik khas buatan Magetan.
 
Diberdayakan oleh Blogger.