14 Ras Kelinci Ikut Dalam Magetan Rabbit Contest

Magetan - Untuk menggerakkan geliat usaha ternak kelinci serta para pecinta kelinci di Magetan, Pemerintah Kabupaten Magetan gelar Magetan Rabbit Contest tingkat nasional. Acara yang bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Ki Mageti ini, juga merupakan rangkaian kegiatan dalam HUT Magetan yang ke 342.

Berbagai jenis Ras kelinci ditampilkan dalam acara tersebut. Mulai dari ras lokal maupun keturunan luar negeri. Dengan model kelinci yang unik- unik, Magetan Rabbit Contest menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Mereka datang hana untuk sekedar melihat-lihat tidak sedikit yang datang untuk membeli kelinci yang mereka suka.

Didin, salah seorang panitia mengatakan, kontes kelinci ini pertama kali diadakan di Magetan, dan diikuti oleh sekitar 130 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka akan ikut di beberapa kategori kontes diantaranya, Rex, Minirex, New Zealand, Holland Lop, Netherland Dwarf, Fuzzy lop, English Anggora, Flemish Giant, Fancy Contest serta Adu Bobot. ‘’Ada banyak Kategori yang di konteskan. Saat ini sudah mulai di lakukan penilaian oleh juri tamu, dibantu panitia dari beberapa kategori. Sedangkan nanti akan di umumkan pemenangnya,’’ jelasnya.

Jenis kelinci kontes, lanjut Didin, yang ikut dalam Magetan Rabbit Contest ini ada sekitar 14 ras. ‘’Yang ikut kontes di sini ada 14 ras. Kelinci-kelinci tersebut akan dikonteskan dari beberapa Kategori, seperti keindahan bulu, berat badan,ukuran dan lain- lain,’’ tambahnya.

Sementara itu, Boby, salah seorang pengunjung yang mengajak keluarganya melihat kontes tersebut, mengaku tertarik dengan diadakannya kontes kelinci di Magetan. Menurutnya, sudah saatnya Magetan bangkit mengembangkan andalan dalam sektor peternakan kelinci. Menurutnya, sudah lama Magetan terkenal dengan sate kelinci, namun sampai saat ini belum ada upaya dari pemerintah daerah dalam upayanya meningkatkan produktifitas peternakan kelinci. ‘’Baru kali ini ada, dan saya sangat mendukung sekali kontes seperti ini. Semoga Pemerintah Magetan bisa memfollow-up seusai kontes, dengan mengoptimalkan pengembangan peternakan kelinci,”katanya.
.
Seperti diketahui, Magetan selain memiliki pesona Telaga Sarangan, juga memiliki kuliner khas yakni sate kelinci. Makanan khas tersebut banyak di jumpai di sepanjang jalan tembus Sarangan-Tawangmangu. (Choiri)

Diberdayakan oleh Blogger.