Bimtek Pilkada Bagi Wartawan/Mass Media, KPU Magetan Ajak Insan Pers Sukseskan Pilkada

KPU Magetan saat Bimtek bagi wartawan
Magetan- Untuk menyelaraskan dan menyeimbangkan pemberitaan terkait Tahapan Pilkada dan menyamakan persepsi, Komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten magetan, menggelar Bimbingan Tehnis Pilkada bagi insan wartawan/Mass media di Harmada Joglo,jalan Diponegoro,Magetan.(14/12)

Bimbingan Tehnis Pilkada magetan untuk kalangan wartawan/Mass Media ini menurut Komisioner KPU Magetan,Hendrat Subiyakto sangat penting diadakan,karena para Insan Pers merupakan penyambung informasi rakyat sekaligus rekan kerja bagi penyelenggara Pemilu.

Tujuan diadakannya bimbingan Tehnis Pilkada magetan bagi wartawan/mass media ini adalah untuk menyamakan persepsi,kedua menghimpun media yang ada di magetan,karena dalam beberapa kali kesempatan, KPU magetan sering di konfirmasi sejumlah media yang jarang bertemu,namun belum terdata dalam data base KPU,” dalam beberapa kali kegiatan, terkadang kami di konfirmasi oleh sejumlah awak media yang tidak biasanya kami sering bertemu, untuk itu kegiatan ini bisa juga kami jadikan sebagai ajang menyamakan persepsi dan menghimpun awak media yang ada di magetan, dan kedepan bisa kita jadikan embrio media center KPUD ”.terangnya saat memberikan sambutan.

Selain itu,tujuan dari Bimtek ini, lanjutnya, dengan terdatanya media di magetan akan menjadi database KPU sebagai acuan dalam kerjasama pemuatan berita” bisa jadi database kami dalam kerjasama,tentunya juga dalam kordinasi kerkait pemberitaan”.imbuhnya.

Terkait pemberitaan media dalam tahapan Pilkada,Nur salam,anggota KPU bagian perencanaan dan data. KPU magetan membuka lebar pintu untuk awak media yang menginginkan informasi.media merupakan bagian penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat umum.ada banyak materi berita yang bisa di informasikan ke masyarakat terkait tahapan pilkada.

“ pemberitaan bisa dikemas dalam banyak hal,seperti pemilih pemula,KTP elektronik,pendataan di lapas,panti jompo atau coblosan bagi para penyandang difabel, contohnya, itu bisa kita saling memberi informasi”. Terang anggota KPU yang berlatar belakang wartawan ini.

Diharapkan juga bagi Insan Pers, untuk ikut menyukseskan pilkada dengan memberikan hak suaranya saat coblosan,memberi contoh mulai dari diri sendiri dengan ikut memberikan hak suara.”biasanya kalo sudah tugas liputan,kawan- kawan media ini tangannya bersih,tidak ada bekas tinta,ini berarti mereka ini golput”.kelakarnya. 

Bimbingan tehnis pilkada magetan bagi wartawan/mass media ini diikuti oleh sejumlah wartawan televisi nasional dan local,wartawan media cetak dan elektronik,serta beberapa wartawan radio. di mulai pukul 20.00- 22.30 Wib. dikemas dalam suasana santai, sesekali diiringi music local menambah gayengnya acara.(Cho)
Diberdayakan oleh Blogger.