Jumlah Pemilih Pemula Pilkada Serentak 2018 Naik 10 Persen

sosialisasi pemilih pemula
Magetan - Untuk memberikan pemahaman dan partisipasi pemilih pemula dalam pilkada serentak yang akan dilaksanakan tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum kabupaten (KPUD) Magetan terus melakukan sosialisasi pada pemilih pemula.

Sosialisasi kepada pelajar setingkat SMA ini diharapkan bisa menekan angka Golput pada pemilih pemula. Sebab kebanyakan para pelajar atau pemilih pemula belum melakukan perekaman E- KTP.

Syarat dasar untuk bisa memilih, mereka harus sudah melakukan perekaman E- KTP, sehingga bisa terdaftar di Daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4).

Hal tersebut disampaikan ketua komisioner KPUD Magetan, Hendrat Subiakto di depan perwakilan siswa SMA/SMK sederajat. Peserta sosialisasi di aula media center Jalak Lawu, KPUD Magetan, kamis (14/12).

Untuk bisa berpartisipasi dalam menyukseskan pilkada dan menyalurkan suaranya, lanjut Hendrat, diharapkan agar para pelajar atau pemilih pemula yang sudah waktunya melakukan perekaman untuk segera melakukan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Magetan, agar bisa menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada nanti.

"Kami berharap adik- adik yang sudah waktunya melakukan perekaman untuk segera melakukan perekaman E-KTP di Disdukcapil, agar bisa menyalurkan hak pilih dalam Pilkada serentak nanti," jelasnya.

Dari data di KPUD magetan,untuk jumlah pemilih pemula dalam Pilkada mendatang diperkirakan mencapai sekitar 9.000 hingga 10.000 pemilih pemula. jika dibandingkan dengan pilkada dulu mengalami kenaikan sekitar 10 persen. (Er/Cho)

Diberdayakan oleh Blogger.